Jumat, 13 Januari 2017

Nasi kuning gurih



Home - RESEP NASI - Rahasia resep nasi kuning gurih enak dan cara membuatnya

Rahasia resep nasi kuning gurih enak dan cara membuatnya

Bagaimana cara membuat nasi kuning gurih dan enak. Berikut resep sederhana cara membuat nasi kuning hingga matang. Nasi kuning merupakan resep masakan dengan bahan utama beras dan kunyit. Cukup banyak remaja putri dan bahkan para bunda bunda muda yang belum paham tentang resep dan cara membuat nasi kuning yang enak serta gurih. Khusus di daerah jawa resep nasi kuning ini juga biasa disebut sebagai ” sego punar ” dengan tambahan beberapa bahan masakan lain, sepertiorek tempe, irisan telur, irisan mentimun, kedelai hitam goreng, abon sapi, dan lainnya. Nasi kuning sering hadir pada acara acara tradisional.
Nasi kuning merupakan resep masakan tradisional yang diangkat menjadi resep masakan indonesia. Cita rasa nasi kuning yang enak dan gurih karena bahannya menggunakan santan kelapa dan kunyit untuk warna kuningnya. Meskipun cara membuat nasi kuning ini mudah namun masih banyak juga yang gagal karena nasinya tidak matang sempurna ( seperti nasi mentah ). Meskipun mudah membuatnya namun memerlukan trik trik khusus supaya nasi kuning anda gurih enak dan gurih.
Bumbu nasi kuning hanya menggunakan bahan bahan alami sederhana sehingga merupakan resep tradisional indonesia yang bukan saja enak tapi juga sehat karena semua bahan bahannya alami. Bahan bumbu untuk membuat nasi kuning selain murah juga mudah membelinya, yakni santan kelapa, kunyit, sereh, dan daun salam serta beberapa bahan tambahan untuk memperindah tampilan seperti irisan cabe merah, bawang goreng dan lainnya. Bisa juga dengan tambahan irisan telur rebus. Pokoknya bahan hiasan nasi kuning bisa bunda kreasi sendirilah. Yang paling penting tentu cara membuat nasi kuning yang enak dan gurih.
Lumayan banyak resep masakan tradisional yang menjadi masakan favorit keluarga dan salah satunya yakni masakan opor ayam dengan bumbu kuningnya. Resep opor ayam sendiri cukup sederhana dan mudah cara memasaknya. Yang jelas kita wajib untuk melestarikan resep tradisional bangsa kita yang merupakan peninggalan para orang tua dahulu.
Pada awalnya membuat nasi kuning dengan menggunakan langseng. Namun cara memasak nasi demikian untuk di kota kota besar sudah mulai banyak ditinggalkan. Para bunda bunda jaman sekarang lebih suka menanak nasi dengan menggunakan rice cooker. Demikian juga dengan memasak nasi kuning juga bisa menggunakan rice cooker.
resep nasi kuning
Resep nasi kuning dengan menggunakan rice cooker tidak jauh berbeda dengan cara memasak nasi putih biasa, namun tentunya ada sedikit perbedaan supaya tampilan nasinya bagus dan tidak mentah. Ada sedikit rahasia supaya hasil nasi kuning bunda enak dengan tampilan bagus. Pada dasarnya ada tips tips tersendiri supaya tampilan nasi kuning bunda sempurna.
Seperti kita tahu bahwa bahan utama masakan nasi kuning adalah beras. Jadi tentu tidak sembarangan menggunakan type beras lho bunda. Untuk dapat membuat nasi kuning yang enak dan pulen tentunya jangan menggunakan beras impor. Lho apa bedanya beras impor dengan beras lokal. Jelas beda kalau beras impor cenderung lembek, tapi kalau beras lokal tampilannya lebih padat.
Apa aja sih bahan bahan untuk membuat nasi kuning komplit. Pada dasarnya bahan bahannya murah dan mudah dibeli. Bunda dapat membeli bahan bahan nasi kuning di pasar atau warung juga ada. Yuk kita siapkan bahan bahannya dulu, seperti : beras, kunyit, santan kelapa, serai, daun salam, serta garam. Bunda dapat juga menambah bahan bahan lainnya, seperti telur ayam, mentimun,bawang merah, daun kemangi, abon ayam, dan lainnya. Setelah semua bahan bahan nasi kuning sudah tersedia, yuk mulai mencoba membuat nasi kuning dengan hiasan komplit.

Resep nasi kuning enak dan gurih komplit

Bahan utama
  • Beras : 1 kg ( kualitas sedang hingga bagus, jangan beras impor ya ).
  • Santan kelapa : ± 2 gelas ( 400 ml ), gunakan santan dari 1 butir kelapa tua.
  • Kunyit : ± 5 cm ( seruas jari ), jangan gunakan biang kunyit lho bunda.
  • Serai : 2 batang.
  • daun salam : 4 lembar

Cara membuat nasi kuning gurih komplit

  • Yang paling pertama tentunya memilih beras dengan kualitas bagus dan cuci hingga bersih dan tiriskan.
  • Buat santan dengan kekentalan sedang saja, jangan terlalu kental juga jangan ke enceran. Paling tidak sediakan sekitar 2 gelas santan kelapa.
  • Parut kunyit dan peras diatas santan kelapa.
  • Cuci serai dan potong bagian ujungnya. Cuci juga daun salam.
  • Siapkan panci ukuran secukupnya dan masukkan beras, santan kelapa + kunyit, dan serai.
  • Masak dengan api kompor sedang. Jangan lupa kada di aduk aduk supaya matangnya merata.
  • Setelah air santan habis, aduk aduk sebentar dan angkat.
  • Sekarang siapkan langseng beserta air secukupnya.
  • Setelah airnya mendidih masukkan nasi kuning aron tadi.
  • Tunggu hingga matang sekitar 30 menit dan angkat.
Sajikan nasi kuning dengan mentimun di potong tipis bulat, irisan telur dadar, emping dan bawang merah goreng, daun kemangi, atau juga dengan orek tempe. Dapat juga dengan ditambahkan bawang goreng maupun abon sapi (ayam ) atau tambah satu dua potong tempe bacem goreng.
Demikian bunda resep nasi kuning beserta cara membuat nasi kuning enak dan gurih. Oh ya jika bunda menggunakan rice cooker caranya hampir sama saja. Resep nasi kuning ini hampir sama denganresep nasi uduk.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tidak ada komentar:

Posting Komentar