Minggu, 15 Januari 2017

cara membuat botol plastik

Cara membuat botol plastik


Botol plastik jenis pet
Botol plastik dari bahan PET 
Rasanya hampir semua orang sudah mengenal benda diatas , pada gambar diatas merupakan botol plastik yang terbuat dari bahan jenis PET ( baca juga : jenis plastik ) botol - botol plastik tersebut banyak digunakan sebagai bungkus minuman air mineral . Sebagian dari kita hanya tau penggunaannya saja , tapi apakah kita tau bagaimana cara membuatnya ? berikut ini uraiannya : 

Bahan pembuat botol plastik 

Biji plastik jenis PET
Biji plastik PET
Semua botol plastik tersebut dibuat dari bahan biji plastik ( PET pellets ) yang namanya biji plastik jenis PET tampak seperti gambar diatas, kadang kadang ada juga yang dicampur dengan cacahan botol plastik jenis PET juga.  Biji plastik dibuat dari cacahan plastik yang di olah menggunakan mesin biji plastik , sedangkan cacahan plastik PET dibuat dengan cara menghacurkan botol plastik jenis PET dengan menggunakan mesin penghancur plastik  , botol plastik yang jadi limbah di crusher / dihancurkan menjadi serpihan-serpihan kecil . 

Proses pembuatan botol plastik 

Bahan baku plastik yang terdiri dari biji plastik dan serpihan cacahan plastik di masukkan ke dalam mixer, tujuannya adalah untuk mencampur keduanya, setelah bercampur kemudian kedua bahan tadi dipanaskan dengan suhu tinggi hingga bahan botol plastik tadi meleleh, setelah meleleh bahan tadi dialirkan ke mesin yang disebut mesin injection molding , dan pencetaknya tampak seperti gambar berikut ini : 
mesin preform botol plastik
Mesin injection molding untuk preform pet botol plastik
Di dalam mesin injection molding ini lelehan plastik akan dibentuk menjadi botol plastik kecil seperti tampak dibawah ini , sering kita menyebut preform PET botol plastik : 
Proses pembuatan preform botol plastik
Preform dalam pembuatan botol plastik 
Setelah terbentuk seperti pada gambar diatas , maka proses selanjutnya adalah meniup plastik tadi menjadi gelembung besar , dan disamping kiri kanannya sudah di siapkan cetakan , dan cetakannya tampak seperti gambar berikut ini :
Cetakan dalam pembuatan botol plastik
Cetakan  untuk membuat botol plastik 
Kalau masih penasaran bagaimana cara membuatnya , yuk kita tonton video berikut ini , mungkin ini akan menambah pengetahuan kita bagaimana mengubah preform pet menjadi botol plastik , sehingga kini botolnya sedang kita gunakan untuk membungkus air mineral, yang barusan kita beli di toko.

Itulah beberapa tahapan dalam membuat botol plastik , jadi kini pengetahuan kita bertambah kan , dari pada botol plastik kita buang begitu saja jadi sampah , yuk kita kumpulin untuk didaur ulang . semoga artikel pendek ini bermanfaat.

2 komentar:

  1. Bagus sekali .... semoga melalui ini pembaca bisa terbantu , thx ya

    ReplyDelete

Tidak ada komentar:

Posting Komentar